Perawatan Anggrek Bagi Pemula

    Bunga anggrek merupakan bunga yang indah dan eksotik. Bunga ini disukai banyak orang, pria maupun wanita. Tidak ironis memang jika bunga ini menjadi primadona kaum hawa. Mengapa demikian? Tentu ada beberapa alasan. Selain bunganya indah, bunga anggrek mampu bertahan mekar dalam waktu yang cukup lama. Berkisar dua bulan. Bahkan jika pohonnya sehat dan tercukupi kebutuhan konsumsinya, seperti : Sinar matahari, air,udara,dan nutrisi lainnya, bunga anggrek mampu bertahan mekar hingga tiga bulan. Namun, Bunga Anggrek Cattleya pada umumnya hanya mampu mekar dalam waktu kisaran empat hari.
    Bagaimana Cara Merawat anggrek agar sehat, subur,dan berbunga sesuai harapan?

    Sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu mengenal jenis anggrek dan medianya.Jenis anggrek sangatlah banyak . namun, dalam kesempatan ini hanya akan membahas perawatan tiga jenis anggrek dendrobium, vanda, dan anggrek bulan.

    Perlakuan terhadap anggrek tidak bisa disamaratakan, tetapi harus diperlakukan secara individu. Kita harus mengenali dulu jenis anggrek apa, medianya apa. Misalnya, sama-sama anggrek dendrobium tetapi yang satu menggunakan media arang dan yang satunya menggunakan media moss putih. Maka yang menggunakan media moss putih tidak perlu disiram setiap hari, sedangkan yang menggunakan media arang perlu disiram setiap hari agar kelembaban pada media bisa terjaga.
    Dalam kesempatan ini yang akan kami bahas jenis anggrek dendrobium, vanda, dan anggrek bulan.

    Berikut ini contoh Anggrek Dendrobium, Vanda, dan Anggrek Bulan
    1. ANGGREK DENDROBIUM
    2. ANGGREK VANDA
    3. ANGGREK BULAN

    Contoh Media Tanaman Anggrek
    1. ARANG
    2. MOSS PUTIH/SPHGUM MOSS
    3. CADAKA/MOSS HITAM
    4. CACAH PAKIS
    5. CACAH KULIT PINUS
    Di antara tiga jenis anggrek yang sudah disebutkan diatas ,Anggrek vanda adalah jenis anggrek yang paling bandel,tahan serangan hama .Namun,anggrek vanda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu sampai bisa berbunga.Dari sedling sampai bisa berbunga memerlukan waktu kurang lebih enam tahun.Anggrek jenis ini tidak membutuhkan media khusus,cukup ditaruh di pot keranjang ,lalu digantung di tempat,yang mendapat sinar matahari dan angin yang cukup.Jangan lupa anggrek ini perlu setiap hari disiram. Bahkan akan menjadi lebih baik jika disiram pagi dan sore dengan metode semprot.

    Anggrek Dendrobium adalah anggrek yang perawatannya lebih mudah dibandingkan jenis anggrek lain . medianya bisa apa saja. Untuk penyiraman bisa disiram setiap hari,pada musim hujan maupun kemarau,tapi ingat media anggrek tidak perlu basah. Anggrek hanya butuh kelembaban saja pada medianya.

    Anggrek Bulan adalah tanaman anggrek yang tergolong sensitif, maka perawatannya perlu ketelitian dan kehati-hatian. Anggrek ini tidak banyak memerlukan air. Jika musim hujan, cukup disiram dua hari sekali.Namun pada musim kemarau perlu disiram setiap hari.

    Bunga anggrek bulan gagal mekar mungkin disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :
    1. Temperatur udara yang tidak stabil (siang terlalu panas sedangkan malam hari terlalu dingin).
    2. perubahan lingkungan dari wilayah yang berhawa panas pindah ke wilayah berhawa dingin atau sebaliknya. Contoh dari daerah Tawangmangu pindah ke wilayah Kebumen.
    3.Membeli anggrek melalui online kadang memerlukan waktu di perjalanan bisa mencapai satu minggu. Jika pengemasannya kurang baik, anggrek bisa stres karena dalam perjalanan tidak mendapatkan udara dan nutrisi yang cukup sehingga knop ataupun spek tidak bisa berkembang akhirnya mengalami kegagalan.


    Anggrek Bulan

     

    By:Atika Azahra dan Lailatul M. ( 9C)

    Mungkin Anda juga menyukai

    1 Respon

    1. hendriyati berkata:

      Alhamdulillah, terima kasi untuk anak-anakku dan pendampingnya. Sukses selalu.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.