Program Unggulan Sekolah Adiwiyata

    Proses pembuatan biopori

    Adiwiyata adalah salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sebagai upaya pelestarian Lingkungan Hidup. Saat ini dunia seakan khawatir dengan kondisi alam yang sangat mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup yang ada di muka Bumi.

    Sebagai sekolah yang ditunjuk untuk menjadi sekolah imbas Adiwiyata, SMP Negeri 1 Poncowarno juga menciptakan program strategis yang berkaitan dengan kegiatan Sekolah Adiwiyata antara lain membentuk “PASAR PENCIL” akronim dari Pasukan Pelajar Pencinta Lingkungan, Setelah dibentuknya tim yang mempelopori kegiatan Adiwiyata, sekolah juga memberikan pelatihan tentang kegiatan yang berbasis Adiwiyata antara lain pembuatan BioPori yang berfungsi sebagai resapan air.

    selain pembuatan biopori, Pasar Pencil juga diberikan materi cara membuat kompos menggunakan komposter, dimaksudkan untuk memanfaatkan sampah organik menjadi bermanfaat.

     

    Proses pembuatan komposter

    Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut diharapkan dapat memberikan pendidikan bagi peserta didik tentang pengetahuan Sekolah Adiwiyata. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Diklat tersebut diharapkan PASAR PENCIL menjadi motor penggerak keAdiwiyataan di sekolah dalam pemilahan sampah organik dan non organik dalam wadah Ekstrakurikuler PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup)

     

    Mungkin Anda juga menyukai

    2 Respon

    1. Agung berkata:

      Program yang bagus, lanjutkan.

    2. Pro berkata:

      Insya Allah, program2 yang bagus akan berlanjut dab selalu dikembangan dengan program2 inovatif lainnya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.