Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode SCRAMBLE TP 2016/2017

    Oleh : Mukhmad Alip Wahyudin
    Abstrak

    Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode SCRAMBLE

    Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode SCRAMBLE

    Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode Scramble di kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno, (2) peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode Scramble di kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) menggunakan model dari Kemmis yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno berjumlah 28 siswa.

     

    Langkah dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peneliti menjelaskan tujuan dan materi pembelajaran, peneliti membagikan lembar kerja yang di dalamnya sudah berisi Scramble, peneliti menampilkan slide power point yang sudah diberikan waktu otomatis 1 menit tiap pertanyaan, jawaban acak diberikan huruf pengacau untuk menambah konsentrasi serta siswa harus mengerjakan semua soal secara mandiri, jawaban dikoreksi antar teman sebangku, peneliti memberikan penilaian dan memberikan reward kepada siswa yang memperoleh skor paling tinggi (2) Penggunaan metode Scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, angket, dan wawancara menunjukkan peningkatan motivasi yang berdampak pada hasil belajar IPS. Peningkatan motivasi dari Pra Siklus sebesar 76,49% meningkat pada siklus I sebesar 83,04% dan menjadi 91,16% pada siklus II. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari Pra Siklus rata-rata 68,90 dengan ketuntasan sebesar 35%, meningkat menjadi 86,90 dengan ketuntasan mencapai 89,29% pada siklus I dan 83,60 dengan ketuntasan 85,71% . Penelitian ini dikatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yakni rata-rata motivasi belajar siswa sebesar ≥ 80% dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar ≥ 75 di kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno.

     

    Selengkapnya bisa diunduh di tautan ini.

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.